Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pemilihan BPD

Jinggotan (14/06/2019), Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pemilihan BPD Desa Jinggotan yang betempat di Balai Desa Jinggotan. Dalam Sambutannya ketua (Nasuka) Mengatakan berdasarkan rapat pada tanggal 27 Mei 2019, yang mengacu pada Perbup nomor 12 Tahun 2017, mengatakan pembentukan panitia Pemilihan BPD adalah hak perogatif Petinggi yang mana petinggi memberikan sk kepada panitia yang nantinya bekerja sesuai tupoksi yang ada di peraturan bupati antara lain :

Menyusun jadwal pelaksanaan pengisian anggota BPD;
Mengajukan rencana anggaran biaya pengisian anggota BPD kepada Petinggi;
Menetapkan jumlah anggota BPD;
Menetapkan wilayah pemilihan;
Menetapkan warga yang mempunyai hak pilih;
Melakukan sosialisasi kepada masyarakat;
Menerima pendaftaran bakal calon anggota BPD;
Melaksanakan proses penjaringan bakal calon anggota BPD dan penyaringan calon anggota BPD;
Menetapkan calon anggota BPD terpilih;
Melaporkan hasil pengisian anggota BPD kepada Petinggi

Berdasarkan hitungan wilayah dengan jumlah penduduk maka Formasi BPD di Desa Jinggotan adalah berjumlah 5 orang yang salah satunya adalah perempuan dan 4 laki-laki. Proses pemilihan dan pencalonan akan disosialisasi oleh panitia pemilihan tetapi secara garis besar calon BPD adalah hasil rekomendasi dari wilayah bukan pendaftar perorangan secara peribadi atau umum, adapun rasio calon BPD adalah 4 kali kebutuhan artinya jika jumlah yang dibutuhkan adalah 5 maka dikalikan 4 dengan jumlah 20 orang, 4 orang calon perempuan dan 16 orang laki-laki.

Selanjutnya sambutan dari Petingi Jinggotan (Abdullah Ubaid) mengatakan sebenarnya pembentukan panitia adalah hak petinggi adapun Panitia Pemilihan BPD desa Jinggotan adalah berjumlah 7 Orang diantaranya :
1. Bp. Nuryadi
2. Bp. Sulhan
3. Bp. Shoim
4. Bp. Rifai
5. Bp. Suprtana
6. Bp. Sugianto
7. Ibu. Mamik Ani

Adapun berdasarkan komunikasi Petinggi dengan Kecamatan bahwa bahwa panitia BPD bisa dilanjutkan dengan Kepanitian PILPET, (sambutan Petinggi).

Kemudian sambutan Ketua Panitia Pemilihan BPD (Nur Yadi) dalam pemilihan ini adalah pemilihan Aklamasi jadi mau tidak mau harus diterima. Kami mohon dari masyarakat memberikan dukungan dalam pemilihan BPD. (Jinggotan, 14/06/2019)

Facebook Comments
%d blogger menyukai ini: