Santunan 10 1440 H.

Bulan Muharram 1440 H, merupakan bulan yang penuh dengan Rahmat yang mana bulan itulah banyak dimanfaatkan oleh orang_orang Agnia’ untuk mendarmakan sedikit hartanya kepada para Yatim Piatu, hal ini juga dilakukan oleh warga jinggotan khususnya RW 4&5 yang dikordinasi oleh Pengurus Jamiah Nahdlatul Ulama Jinggotan 1 yang ditangani oleh GP Ansor.

Adapun pemberian santunan diambilkan dari uang KOIN(kotak Infak) yang selama ini warga jinggotan memiliki Kotak dirumah dan akan di ambil tiap bulan, tepatnya setiap Jumat Wage. Pada Tahun lalu pengurus NU dan Banon bisa mendapatkan dana koin dalam 1 bulan Rp. 7.000.000 semua hasil uang itu diberikan kepada Yatama di wilayah Rw 4/5, adapun ditahun ini diperkirakan sama dengan tahun lalu antara Rp. 7.000.000. Karena kebiasaannya uang itu bisa bertambah saat pelaksanaan atau pemberian dari para donatur lain. Uang yang di dapatkan semuanya nanti akan diberikan kepada Yatama, kegiatan ini tidak lepas dari semua kalangan masyarakat atau Banon-banon NU di wilayah Jinggotan. Pelaksanaan santunan dilaksanakan tanggal 21 September 2018 bertempat di Gedung Muslimat NU Jinggotan, harapannya semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Diwilayah Jinggotan memang sudah di galakan gerakan KOIN (Kotak Infak) di setiap rumah rata2 tiap bulan mendapat minimal 4- 8 juta perbulannya, uang hasil dari itu tidak semata-mata menjadi milik kas Ranting atau banon tetapi sebagian beberapa % di setorkan ke MWC dan cabang adapun sisanya di gunakan untuk kemaslahatan ummat diantaranya yang sudah berjalan:

1. Pemberian bantuan sosial Rp. 250.000,- untuk pembelian kain dan lain2 bagi warga NU yang meninggal dengan catatan dirumahnya ada kotak KOIN walaupun kotak itu tidak ada Isinya.

2. Memberikan Beasiswa kepada Yatim atau Piatu yang masih bersekolah setingkat TK, SD/MI, SMP/MTs. Dengan estimasi Biaya 600.000,- (enam ratus ribu rupiah di setiap tajunnya) dengan cara pemberian beasiswa di serahkan langsung ke sekolah/madrasah yang ditangani langsung oleh pengurus dengan kerjasama dengan pihak sekolah/madrasah.

3. Jangka panjang adalah penyedian transportasi/ambulance yang nantinya bisa dipakai dan digunakan oleh seluruh warga NU di Wilayah Ranting 1. (Info bersumber dari Abdul Wahab Salem_Ketua Tanflidiyah Ranting Jinggotan 1)

Abdul Wahab Saleem, S.Sos.I.M.S.I (Al Hafidz) Ketua Ranting NU Jinggotan 1

Facebook Comments
%d blogger menyukai ini: