Pak Rois Dapat Kejutan Hari Guru 2019

Tanggal 26 Nopember 2019 merupakan tanggal yang sangat istimewa dan berharga bagi saya, karena saya sudah mengabdi menjadi guru 16 Tahun tetapi baru ditahun 2019 tanggal 26 Nopember 2019 baru mendapat kejutan dan ucapan dan kue secara langsung dari siswa-siswi kelas 5 Mi Miftahul Hidayah Jinggotan, ucapan ini membuat saya sangat terharu walaupun saat pembelajaran banyak diantara mereka yang kena marah tapi tidak membuat mereka surut dan dendam justru membuat mereka tambah memberhatikan dan dekat.Terima kasih murid-muridku semogo ilmu kalian, apa yang kalian cita2kan terwujud dan kesehatan selalu bersama kalian. Sukses (Pak Raes).

Guru Menurut saya ….

Falsafah Jawa Guru diartikan sebagai sosok tauladan yang harus di “gugu lan ditiru”. Dalam konteks falsafah jawa ini guru dianggap sebagai pribadi yang tidak hanya bertugas mendidik dan mentransformasi pengetahuan di dalam kelas saja, melainkan lebih dari itu Guru dianggap sebagai sumber informasi bagi perkembangan kemajuan masyarakat ke arah yang lebih baik. Dengan demikian tugas dn fungsi guru tidak hanya terbatas di dalam kelas saja melainkan jauh lebih kompleks dan dalam makna yang lebih luas. Oleh karena itu dalam msyarakat jawa seorang guru dituntut pandai dan mampu menjadi ujung tombak dalam setiap aspek perkembangan masyarakat (multi talent).

Dalam islam guru mempunyai profesi yang amat mulia, karena pendidikan adalah salah satu tema sentral islam, Nabi Muhammad sendiri sering disebut sebagai “Pendidikan Kemanusiaan” (educator of mindkind). Bagi islam seseorang dapat manjadi guru bukan hanya ia telah memenuhi kualifikasi keilmuan dan akademisi saja, tapi seorang guru juga harus memiliki akhlak terpuji.

Imam Al Ghozali berpendapat bahwa guru yang dapat diserahi tugas mendidik adalah guru yang selain cerdas dan sempurna akalnya, juga guru yang baik akhlaknya, dan kuat fisiknya. Dengan kesempurnaan akal ia dapat memiliki berbagai ilmu pengetahuan secara mendalam, dan dengan akhlaknya yang baik ia dapat menjadi contoh dan teladan bagi murid – muridnya.