Haul Mbah Patih

Mbah Patih atau sering di Kenal dengan Nama Mbah *Wongso Karyo/Suro Mulyo* merupakan salah satu sesepuh desa jinggotan menurut cerita yang beredar bahwa Mbah Patih Hidup pada masa Kerajaan Mataram, beliau hidup semasa dengan Mbah Demang dan Ki Karto Suro atau Mbah Jinggot disinyalir Mbah SURO MULYO bersamaan dengan Mbah Demang dan KI Jenggot membangun Padepokan dan Babat Tanah Jinggotan secara bersama2 sehingga Terwujudlah sebuah Desa Jinggotan yang diambil dari Julukan salah satu Tokoh tersebut. Untuk mengenang para leluhur tersebut diadakanlah Haul pada setiap tahun dan dihari2 tertentu sehingga ini menjadi motivasi ke generasi saat ini. Kegiatan Haul para sesepuh desa biasanya dilaksanakan di Bulan atau pasaran yang berurutan Yaitu Jumat Legi di Makam Balai Kambang atau Mbah Jenggot Kemudian Hari Senin Wagenya Manganan di Makam Mbah Demang, Jumat Ponnya adalah Kegiatan Kabumi Desa Jinggotan dan di Tutup Jumat Wage yaitu Haul mbah Patih, kegiatan tersebut biasanya dterjadi di Bulan Syawal, Apit dan Besar. Houl Mbah Patih akan dilaksanakan pada :

JUMAT Wage, 20 September 2018 pada pukul 19.30 WIB yang nantinya akan diadakan PENGAJIAN dengan Membawa WAYANG PUNAKAWAN dengan Kiai dan Sekaligus Dalang Wayang Kulit *Ki. Hendro Suryo Kartiko* dari Klumosari Bangsri Jepara.

Dari kegiatan tersebut diharapkan agar semua warga dapat menghadiri kegiatan tersebut serta nguri_nguri Dan melestarikan budaya/atau kegiatan yang sudah turun temurun terutama Budaya/Kegiatan manganan.

Facebook Comments
%d blogger menyukai ini: