Ketrampilan Menghasilkan CUAN

Ketrampilan merupakan idaman setiap orang karena dengan memiliki ketrampilan maka akan menghasilkan dan hidup terasa kecukupan untuk memenuhi kebutuhan hidup dimasa depan.

Tetapi tidak semua orang memiliki ketrampilan, walaupun hanya ketrampilan yang sangat sederhana misalnya potong rambut maupun sol sepatu atau dondom sepatu, sandal, dandan payung, buat kupat lepet dll.

Salah satu warga desa Jinggotan yang tinggal di RT 05 RW 02 yang dikerap di panggih Patih memiliki segudang ketrampilan walaupun keterampilan yg bisa dibilang biasa, misalnya Sol Sepatu, potong rambut,dandan payung, dan aneka jenis Kupat.

“Menurut penuturannya yang jarang orang bisa dan jarang orang mengetahui jenis kupat adalah kupat jantung, kupat Bantal. Kupat guling. Kupat manuk proses pembuatanya bisa dikatagorik cukup lumayan rumit” tetapi tetap bisa dibuat.

Patih merupakan pangilan terkenalnya nama aslinya adalah KAMDIYO, nama patih adalah nama yang terkenal saat manggung ketoprak karena sering memerankan sebagai patih, sehingga nama itu menjadi julukan.

Disela-sela kesibukannya mbah Patih pangilannya meluangkan waktu untuk memperbaiki sepatu atau sandal yang menjadi garapannya, keterampilan yanh dimilikinya hasil belajar otodidak atau sendiri dan keterampilan ini hanya untuk sambilan bukan pekerjaam utama.

Komitmen mbah Patih dalam mengerjakan sesuatu misalnya Sol Sepatu, Kerapian itu utama adapun yang lain mengikutinya. Disamping itu mbah Patih juga tidak menutup kemungkinan bagi warga yang ingin mengunakan jasaya akan dibantu sesuai dengan keahliannya.

Salah satu jaminan yang digaransikan adalah servise springbed, kualitas mentulnya melebihi baru. Akan tetapi proses perbaikannya membutuhkan waktu tidak bisa 1 jadi, karena bahan2 untuk perbaikan juga perlu waktu untuk menyiapkannya.

Pelayanan servis Sol Sepatu, Dandan payung, potong Rambut, perbaikan Sepringbed. Belajar membuat kupat berada dirumahnya di Wilayah Kembang tepatnya sebelah makam dan sebelah lapangan sepak bola kembang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan